IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Bantaeng Raih Piala Adipura

Jakarta (ANTARA News) – Kabupaten Bantaeng yang berjarak 120 kilometer selatan Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan 2010, Piala Adipura untuk kategori kota kecil.

Keberhasilan ini merupakan komitmen bersama yang dilakukan dalam dua tahun terakhir, kata Kepala Bapedalda Kabupaten Bantaeng Ir Asaduddin melalui telepon selularnya dari Jakarta ke Bantaeng, Minggu.

Menurutnya, sejak HM Nurdin Abdullah dilantik menjadi bupati, Agustus 2008 komitmen untuk membangun daerah sudah dilakukan. Komitmen tersebut antara lain berupa pembangunan Kota Bersih dan Hijau.

Berdasarkan komitmen tersebut, kami membangun pemahaman kepada seluruh jajaran dan masyarakat, terutama pada tingkat kecamatan dan kelurahan serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Komitmen itu dibarengi penambahan tenaga kebersihan yang dibekali motivasi dan fasilitas penunjang. “Dari situlah, kami melaksanakan komitmen kebersihan dan tanam pohon, terutama di dalam kota,” urainya.

Kerja keras tersebut ternyata tidak sia-sia. Pada 2009, Kabupaten Bantaeng berhasil meraih Piagam Adipura. Keberhasilan tersebut semakin memicu untuk meraih penghargaan tertinggi dalam bentuk Piala Adipura. Dan, ternyata, kerja keras itu berhasil, tambah Asaduddin.

Menurut dia, rencana penyerahan Piala Adipura akan dilakukan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah di Istana Negara, 8 Juni 2010.

“Jika tak ada aral melintang, Piala Adipura tersebut akan tiba di Makassar 9 Juni 2010 dan langsung di bawa ke Bantaeng, di perbatasan Kabupaten Jeneponto/Kabupaten Bantaeng Piala Adipura tersebut akan dijemput untuk diarak keliling Kota Bantaeng dan akan berakhir di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng,” ujarnya.

Keberhasilan ini sekaligus menjadikan Kabupaten Bantaeng sebagai daerah pertama di bagian selatan Sulsel yang berhasil meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.