IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Bali Tuan Rumah, Dongkrak Perkembangan Pariwisata

IndonesiaBicara-Amlapura, (06/11/11). Bali dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Dengan dipilihnya Bali sebagai tuan rumah berbagai event internasional, Negara lain akan melihat Bali lebih dekat. Jika Bali mampu menjadi tuan rumah yang baik, opini terhadap Bali akan semakin positif.

Hal itu, mendongkrak perkembangan pariwisata, dan perekonomian Bali. Artinya, Bali yang selama ini bernapas dengan pariwisata, jika mampu menjadi tuan rumah yang baik, akan berdampak pada perkembangan ekonomi, sehingga nantinya dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Bali.

Pandangan itu disampaikan Gede Pawana, tokoh masyarakat asal banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Selat, Karangasem, Sabtu (05/11), menanggapi dampak event internasional yang sering berlangsung di Bali.

Menurut Pawana, dipilihnya Bali sebagai tuan rumah justru menjadi kesempatan menunjukan kepada Negara lain, bahwa Bali sanggup menjadi tuan rumah. Menurutnya, ini luar biasa, karena Bali yang kecil ini, diberikan kepercayaan menyelenggarakan berbagai event internasional.

Menurut tokoh masyarakat yang beberapa waktu lalu sukses menyelenggarakan pawiwahan massal, pertama kalinya di banjar Wates, pengaruhnya bagi masyarakat Bali secara riil, akan terlihat dari perkembangan pariwisata, yang berimbas terhadap perkembangan ekonomi secara makro di Bali. Dipilihnya Bali sebagai tuan rumah, Negara lain akan melihat Bali lebih dekat.

Apalagi rencananya orang nomer satu di Amerika Serikat, Barack Obama, juga dijadwalkan menginjakkan kakinya di Bali. Ini akan memberikan pengaruh besar bagi Bali, baik sebagai promosi, perkembangan pariwisata, dan perekonomian di Bali.

Sebagai orang Karangasem, kedatangan para delegasi Negara lain ke Bali, diharapkan mau melihat potensi pariwisata yang ada di Bali, utamanya di Karangasem. Pemerintah daerah diminta proaktif melakukan pendekatan, bagaimana caranya agar mereka juga mau menginjakkan kakinya di daerah paling timur Bali, melihat segala potensi Karangasem, baik potensi pariwisata, dan industri kreatif di Karangasem.

“Karangasem memiliki potensi pariwisata spiritual, seperti keberadaan Pura Besakih, itu bisa dikenalkan kepada delagasi Negara lain”, katanya.

Pawana yang juga Perbekel desa Duda Timur, Selat, Karangasem, mendukung Bali sebagai tuan rumah. Dia berharap kepercayaan yang diberikan kepada Bali, harus dijawab dengan pelaksanaan yang baik. Sehingga Negara lain memberi opini positif tentang Bali. Keamanan juga terus ditingkatkan untuk menghindari berbagai potensi tindakan kriminal. Bagaimana pun kedatangan delegasi Negara lain, menurutnya bisa memicu tindakan kriminal.

Untuk itu, diperlukan koordinasi antara lembaga hingga ke tingkat desa pekraman. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.