IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

ANALIS TITA (TAIWAN INDONESIA TRADE ASSOCIATION) MENILAI PENGAJUAN RUU HIP SUDAH TEPAT

Analis Kebijakan Publik TITA (Taiwan Indonesia Trade Association), Tulus Juda, SE.,MBA

Jakarta – Badan Legislasi (Baleg) DPR baru saja menggelar Rapat kerja bersama pemerintah yang diwakili oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Rapat Kerja yang diadakan pada hari Kamis, 2 Juli 2020 tersebut membahas tentang Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2020. Salah satu pembahasan yang menonjol dalam rapat kerja tersebut adalah yang terkait dengan dilanjutkan atau tidaknya RUU HIP dalam Prolegnas tahun 2020.

Terkait dengan hal tersebut, Indonesiabicara.com berhasil melakukan wawancara dengan Analis Kebijakan dari TITA (Taiwan Indonesia Trade Associaton), Tulus Juda, SE., MBA. Berikut ini adalah hasil wawancaranya.

Berbicara mengenai RUU HIP, Tulus menyikapi bahwa tidak ada indikasi penyimpangan terhadap ideologi pada RUU HIP, seperti yg sedang diperdebatkan oleh masyarakat.
Pada dasarnya konsep “kristalisasi” pancasila menjadi trisila adalah suatu hal yang cepat atau lambat akan terjadi, perubahan ini jangan diartikan sebagai perubahan Ideologi. Konsep kristalisasi ini dapat dipahami sebagai konsep ” perubahan wujud” tetapi tidak merubah inti atau esensi dari ideologi itu sendiri, “perubahan wujud” itu sendiri adalah bentuk dari “adaptasi” situasi kondisi” saat ini yang jauh berbeda dgn sitkon di masa kemerdekaan. Justru dengan mampunyai Pancasila mengkristal buktikan bahwa pancasila sebagai ideologi negara mampu bertahan dan masih relevan melewati berbagai era/ jaman karena sifatnya yg dinamis.

Tidak kita pungkiri pemikiran pemikiran sukarno dalam merumuskan pancasila terpengaruh oleh tokoh-tokoh sosialisme dunia seperti DR. Sun Yat Sen, yaitu konseptor san min chu di Taiwan, yang inti dari pemikirannya adalah Nasionalisme,demokrasi dan kesetaraan (keadilan sosial).

Menarik dipahami bahwa 3 prinsip ini ada di dalam idelogi pancasila,
Dalam kenyataanya masyarakat taiwan berhasil menjadi negara modern dengan basis industri yang modern melalui sokongan pemerintahnya terhadap industri kecil (UKM) di negara tersebut, sehingga tujuan keadilan sosial yang menjadi cita-cita negara Taiwan bisa tercapai.
Untuk itu saya mendukung pembahasan RUU HIP dan saya menilai tingkat urgensi yang tinggi menghadapi era persaingan global sehingga indonesia mampu bertahan.

P-770

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 5 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.