IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Anak Butuh Cerita Tentang Moral Dan Nilai Luhur

IndonesiaBicara.com-Tangerang Selatan (24/07/12). Buku Cerita bagi anak Indonesia saat ini masih dirasakan kurang yang menceritakan tentang moral dan nilai kehidupaan. Demikian dikatakan Pemerhaati Cerita anak Indonesia Isabella Deriana.

Menurut Isabella Deriana, saat ini buku cerita bagi anak indonesia, masih kurang mengangkat moral luhur bangsa Indonesia seperti kejujuran maupun tolong menolong.

“Diharapkan para penulis banyak yang mau mengangkat cerita dengan tema-tema moral yang baik untuk memberikan pendidikan moral yang baik bagi anak sejak dini”, kata Isabella.

Lebih lanjut Isabella Deriana menerangkaan bahwa Cerita, bagi anak akan lebih mudah diingat oleh anak-anaak sehingga jika kita menceritaakan kisah moral dan nilai yang baik maka anak akan terus mengingatnya dan bisa diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau melalui cerita biasanya anak-anak akan selalu mengingatnya dan mudah memberikan pelajaran morla dengan cerita”,tambahnya

Untuk mengangkat cerita anak dengan menyampaikan nilai-nilai positif kehidupan dan moral yang baik serta dalam rangka Hari Anak Nasional tahun 2012, Toyota Astra Motor (TAM) menggelar Kompetisi Cerita anak dengan diikuti oleh sekitar 2.468 orang pencinta cerita anak.  Dari Banten ada tiga peserta yang berhasil lolos ke babak selanjutnya, yaitu Isabella Deriana, Ukik Ridho dan Anik Suliastuti.

General Manager Corporate Planning and Public Relation TAM, Widyawati Soedigdo, menyebutkan Toyota sangat peduli akan peningkatan keterampilan para guru dalam mengajar, yang membuat anak didik lebih cerdas dan kritis. Melalui Toyota Bercerita, menurut Widyawati, pengajar anak usia dini dapat meningkatkan keterampilan bercerita mereka sehingga mampu menyampaikan nilai-nilai positif kehidupan sesuai dengan cara yang mudah diterima anak didiknya.

Toyota Bercerita pertama kali digelar pada 2008. Penyelenggaraan tahun ini yang mengambil tema “My New Best Friend” diperluas menjadi lima wilayah, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Dari tahun ke tahun, antusiasme para peserta terus meningkat. Pada Toyota Bercerita 2012, jumlah peserta tercatat sebanyak 2.468 orang atau meningkat sekitar 60% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 3 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.