IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Alokasi Rp 4,9 Milyar Dari PNPM Untuk Kecamatan Pemenang

IndonesiaBicara-Lombok Utara,(18/01/10). Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara baru-baru ini memperoleh Program Nasional Pengembangan Masyarakat (PNPM) Mandiri dari pemerintah pusat. Program ini baru pertama kali, karena asumsi pemerintah pusat, Kecamatan Pemenang merupakan daerah pariwisata sehingga tidak selayaknya menerima PNPM Mandiri. Namun berkat perjuangan dan kenyataan yang ada di daerah, saat ini Kecamatan Pemenang memperoleh dana PNPM Mandiri. Alokasi dana yang diperoleh kecamatan untuk 4 desa sebanyak Rp 4,9 milyar terdiri Rp 3 milyar dari PNPM Mandiri dan 1,9 milyar dari program PNPM lainnya.

Minggu (17/01/10) dilangsungkan musyawarah antar desa untuk sosialisasi PNPM Mandiri di aula kecamatan pemenang yang dibuka langsung oleh Camat Pemenang Mirahim SIP. Pertemuan yang dihadiri sekitar 20 orang ini sendiri menghadirkan seluruh Kepala Desa didampingi Sekdes dan tokoh masyarakat yang bertujuan menyampaikan informasi sejelas-jelasnya tentang PNPM Mandiri, dan dihadapkan langsung dengan sumbernya yaitu fasilitator PNPM.

Mirahim, mengemukakan program PNPM yang diterima kali ini merupakan program pertama yang diperoleh Kecamatan Pemenang. Dirinya berharap bahwa  Program PNPM ini tidak mengalami kendala karena jika ditemukan permasalahan maka akan berakibat dihentikannya program ini pada tahun mendatang.

Pihaknya juga berharap dalam pelaksanaannya tidak terjadi pemotongan dana karena ini merupakan dana dari pusat. “Saya tidak akan ikut campur dalam program ini karena semua alokasi dana berasal dari pusat dan dikelola langsung oleh desa difasilitasi langsung oleh fasilitator PNPM,” tandasnya.

Tentunya PNPM memiliki program unggulan dalam upaya membangun masyarakat dan infrastruktur. “Program PNPM kedepan di tujukan pada pembangunan masyarakat miskin pedesaan, pembangunan kelembagaan masyarakat pedesaan dan kelembagaan pemerintahan,” tegas Mirahim.

“Dalam upaya menciptakan suasana yang kondusif, maka semua pihak di desa¬† dalam penyusunan program desa hendaknya dilibatkan dan dana juga dalam pengelolaannya harus transparan,” pungkasnya. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.