IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Aksi Unjukrasa Somasi Menyangkut Pemecatan 19 Orang Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra

IndonesiaBicara-Makassar, (13/09/11). Aksi unjuk rasa kembali dilakukan oleh Solidaritas Masyarakat Untuk Demokrasi (Somasi) dibawah Fly Over Jl Urip Sumoharjo Makassar. Aksi tersebut merupakan gabungan dari beberapa Universitas di Makassar.

Gabungan dari beberapa Universitas tersebut antara lain, perwakilan dari Kampus UNM, UIN, UNISMUH dan organ-organ luar yang totalnya berjumlah 38, diantaranya Front Mahasiswa Nasional (FMN), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), BEM Kehutanan Unhas, Fosis UMI dan STIMIK BEM.

Dalam aksi yang di gelar oleh Universitas Negeri Makassar, mereka menuntut agar pencabutan surat keputusan yang dikeluarkan oleh pihak kampus UNM. Dari 19 mahasiswa FBS UNM yang di Drop Out (DO) yang sudah jatuh surat SK DO nya, kemungkinan akan ada 30 mahasiswa FBS UNM yang menunggu SK DO.

Salah satu mahasiswa yang berorasi mengatakan bahwa, keputusan yang telah diambil oleh pihak kampus tersebut sangat tidak beralasan, dan dalam aksi unjuk rasa kemarin (12/09), saat ini dari Kampus UMI ada 6 mahasiswa yang di skorsing saat melakukan unjuk rasa di bawah Fly Over terkait solidaritas kemahasiswaan terhadap 19 mahasiswa yang di DO.

Para aksi yang datang dari berbagai kalangan mahasiswa diterima oleh anggota DPRD Sulsel Komisi E, H Abubakar Wasahua dari Fraksi PPP Komisi E, Kadir Halid Fraksi Golkar Komisi E, Muchtar Tompo B dari Fraksi Hanura Komisi B. Dalam hal ini Komisi E yang menangani tentang masalah pendidikan menanggapi tidak mudah dalam mengambil keputusan untuk memanggil Dekan yang bersangkutan.

“Kami akan memanggil Rektor dan Dekan dan juga akan mengatur jadwal untuk pemanggilan yang bersangkutan. Ketua Komisi tidak bisa langsung mengeluarkan begitu saja, maka dari itu harus membahas dan mengadakan rapat kepada Anggota Komisi E”, ungkap Abubakar.

Sedangkan Muchtar Tompo dari Komisi B mengatakan , “Secara teori kampus merupakan wadah tempat insan-insan cemerlang dalam berinspirasi, kampus adalah tempat berkader, dan DO bukan merupakan solusi yang terbaik dalam menyelesaikan permasalahan”.

Komisi E DPRD Sulsel selanjutnya akan mengadakan Rapat Intern dan akan dijadwalkan untuk penetapan pemanggilan pihak-pihak terkait. (ec/ta)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.