IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Aksi Solidaritas “Wartawan Tangerang Blokir Jalan Raya Serang”

Aksi solidaritas para wartawan mengecam  arogansi dan kekerasan oknum aparat TNI AU.

IndonesiaBicara.com-Cikupa, (17/10/12). Puluhan wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Kabupaten Tangerang, menggelar aksi solidaritas di depan kantor DPRD dan di depan lampu merah Bojong Km 17, Kecamatan Cikupa dengan maksud dan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui terkait kejadian yang dilakukan oknum TNI AU kepada wartawan yang terjadi di Riau.

Dalam aksi solidaritasnya para wartawan sempat melakukan blokir jalan yang berlangsung selama hampir 20 menit ini, yang merupakan sebagai salah satu bentuk solidaritas mereka atas tindakan kekerasan yang dilakukan aparat TNI terhadap sejumlah jurnalis pasca jatuhnya pesawat tempur Hawk 200 Angkatan Udara (AU) di Pekanbaru, Riau, baru-baru ini.

“Kami mengutuk keras tindakan kekerasan dan arogansi yang ditunjukkan aparat TNI terhadap rekan kami yang sedang menjalankan tugasnya,” ungkap Sukardin, salah satu koordinator unjuk rasa.

Selain mengutuk aksi penganiayaan TNI terhadap jurnalis, juga mendesak Presiden SBY untuk mencopot Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan menghukum pelaku penganiaya awak media  yang tengah menjalankan tugas peliputan saat jatuhnya pesawat tempur tersebut.

“Kami minta SBY agar mencopot Panglima TNI dan menghukum pelakunya sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Negeri ini,” ketusnya.

Senada, King Hendro Arifin Pasaribu, salah satu wartawan Harian Nasional mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan sikap arogansi TNI tersebut. Dia, berharap aksi premanisme aparat TNI terhadap wartawan harus segera dihentikan.

“Stop kekerasan terhadap wartawan. Kami bukan penjahat. Kami bekerja dilindungi UU Pers Nomor 40/1999,” tandasnya.

Pantauan langsung indonesiabicara dilokasi, aksi solidaritas puluhan awak media tersebut, berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB. Aksi ini, dimulai dari Taman Aspirasi di depan Kantor DPRD Kabupaten Tangerang, di Puspemkab Tangerang di Tigaraksa.

Aksi tersebut, dilanjutkan di lampu merah Bojong, Cikupa. Puluhan pewarta ini memblokir Jalan Raya Serang tepatnya didepan lampu merah, sehingga mengakibatkan kemacetan panjang hampir satu kilometer. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.