IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

5 Raperda Disetujui Oleh Seluruh Fraksi

DPRD KLU menyetujui 5 Raperda yang diajukan pihak eksekutif.

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (17/05/10). Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyetujui 5 Raperda yang diajukan pihak eksekutif. Raperda tersebut membahas tentang pengelolaan keuangan daerah yaitu, Raperda tentang pokok-pokok pengelolaan daerah, Raperda pajak daerah dan retribusi jasa umum, jasa usaha dan perizinan tertentu.

Penyampaian pandangan fraksi kali ini Ketua DPRD, Mariadi, SAg didampingi Burhan M Nur sebagai pimpinan rapat sedangkan dari pihak eksekutif hadir Bupati KLU diwakili Plh Sekda Drs H Alwi. Rapat yang dimulai sekitar pukul 10.00 wita ini dihadiri anggota dewan dan pimpinan SKPD Pemda KLU.

Fraksi Partai Golkar yang memperoleh kesempatan pertama memaparkan pandangannya terhadap Raperda tersebut. HM Sayuti sebagai juru bicara partai menyatakan bahwa hingga saat ini pendapatan daerah lebih kecil dibandingkan dengan subsidi dari pemerintah pusat. Perlu disadari pajak di KLU 60% berasal dari sektor wisata dan sektor ini membutuhkan kondusifitas yang baik. “Pemda dan masyarakat harus terus mampu menjaga keamanan jangan sampai terjadi permasalahan yang tentunya bisa mengganggu sektor wisata,” ujarnya.

Meskipun Fraksi Partai Golkar secara normatif setuju sesuai amanat UU No 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi untuk kabupaten, tentunya kita harus konsultasi ke Pusat untuk mendapatkan kejelasan mengenai batasan yang bisa diperoleh oleh Pemerintah Daerah.

Sedangkan Fraksi Rakyat Madani dalam pandangan yang dibacakan oleh Ardianto, SH mengemukakan, pihaknya setuju jika pembahasan Raperda dilanjutkan ketingkat yang lebih tinggi. Disisi lain pihaknya berharap agar mutasi jilid II tidak dilakukan mendekati Pemilukada 2010, hal ini dikawatirkan dapat mengganggu proses Pemilukada, meskipun secara tahapan pendataan DPT sudah selesai.

Senada Fraksi Rakyat Madani, Fraksi Gerakan Bintang Pembangunan Bangsa yang diwakili oleh Abdul Gani menyatakan setuju untuk melanjutkan pembahasan Raperda ini ketahapan selanjutnya.

Ketua DPRD Mariadi, SAg setelah mendengar pandangan para fraksi berharap kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat mengikuti tahapan selanjutnya. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.